Search

Sumut Punya Enam Titik Panas, Kabut Asap Selimuti Medan

Sumut Punya Enam Titik Panas, Kabut Asap Selimuti Medan

Medan, CNN Indonesia -- Sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diselimuti kabut asap diduga akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Rabu (18/9).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan wilayah Sumut yang terdampak kabut asap di antaranya Kota Medan, Deliserdang, hingga Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Kabut asap terpantau dari satelit Terra dan Aqua. Terdapat 6 titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut)," kata Edison.

Pola angin di Sumut yang bertiup dari arah tenggara ke barat daya sehingga mengakibatkan wilayah-wilayah tersebut terdampak asap.

"Kita mengindikasikan kabut asap bertahan pada pagi hingga siang hari karena hujan akan terjadi pada malam hingga dini hari," sebutnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, jarak pandang di Medan mencapai 7 km pada jam 13.00 WIB.

Tak hanya Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang, kabut asap juga menyelimuti kawasan Kabupaten Tapanuli Tengah hingga Asahan. Kabut asap bahkan membuat nelayan Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah takut melaut.

"Kami sudah lebih dari sepekan tidak melaut, karena kabut asap. Apalagi nelayan di sini merupakan nelayan tradisional yang tak memiliki alat navigasi yang memadai," ungkap Saiful, salah seorang nelayan.

Menurutnya, jarak pandang nelayan sangat minim. Selama ini, para nelayan tradisional hanya mengandalkan jarak pandang untuk melaut karena tak memiliki alat navigasi modern.

"Nelayan bisa saja melaut hingga ke tengah. Tapi, kami khawatirkan adalah jarak panjang yang semakin terbatas itu. Karena jarak pandang terbatas, nelayan bisa nyasar," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN] (fnr/arh)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sumut Punya Enam Titik Panas, Kabut Asap Selimuti Medan"

Post a Comment

Powered by Blogger.