Search

Neraka MotoGP Thailand: Marquez, Rossi, dan Quartararo Crash

Neraka MotoGP Thailand: Marquez, Rossi, dan Quartararo Crash

Buriram, CNN Indonesia -- Beberapa tikungan neraka di Sirkuit Internasional Buriram tampaknya bisa menjadi momok para pebalap di MotoGP Thailand 2019, Minggu (6/10).

Terlebih, tiga pebalap top sempat mengalami kecelakaan di tikungan-tikungan yang terkenal sulit tersebut. Sedikitnya ada tiga tikungan yang bisa menjadi ancaman serius bagi para pebalap.

Jumlah tersebut mengacu dari sejumlah kecelakaan yang dialami pebalap. Pertama adalah Tikungan 7. Di tikungan tersebut Marquez mengalami kecelakaan parah pada saat latihan bebas pertama (FP1), Jumat (3/10).

Kecelakaan yang terjadi pun cukup mengerikan. Motor Marquez bahkan mengalami kerusakan parah. Swing arm dan ban belakang hingga terlepas dari badan motor.

Marquez sempat dibawa ke Rumah Sakit Buriram. Beruntung, dia tidak mengalami luka-luka serius dan bisa kembali mengaspal.

[Gambas:Video CNN]
Selain tikungan 7, tikungan 5 juga bisa menjadi teror bagi para pebalap di MotoGP Thailand. Tikungan tersebut berbentuk 'U Turn' besar tersebut bahkan memakan tiga korban dari pebalap top.

Korban pertama adalah Valentino Rossi di kualifikasi. Dia tergelincir ke luar trek setelah kehilangan keseimbangan di Tikungan 5 pada awal kualifikasi kedua (Q2).

Marc Marquez terjatuh di tikungan kelima pada kualifikasi.Marc Marquez terjatuh di tikungan kelima pada kualifikasi. (CNN Indonesia/ Ahmad Bachrain)
Berikutnya adalah Marc Marquez yang kembali mengalami kecelakaan, kali ini di Tikungan 5. Sama halnya dengan Rossi, The Baby Alien kehilangan kendali atas motornya ketika mencoba berbelok ke kiri.

Beruntung pada kecelakaannya yang kedua, dia tidak mengalami cedera dan motornya tidak mengalami kerusakan parah.

Fabio Quartararo, sang rookie fenomenal MotoGP 2019, menjadi korban terakhir di Tikungan 5. Pebalap asal Prancis itu tergelincir ke luar lintasan pada lap terakhir Q2.

Fabio Quartararo juga sempat terjatuh di sesi kualifikasi MotoGP Thailand.Fabio Quartararo juga sempat terjatuh di sesi kualifikasi MotoGP Thailand. (CNN Indonesia/ Ahmad Bachrain)
Meski sempat mengalami kecelakaan, Quartararo masih bisa meraih pole position di MotoGP Thailand. Quartararo sendiri mengakui dia terlalu memaksakan diri sehingga terjatuh di Tikungan 5.

"Percobaan pertama sangat bagus dan kemudian saya amat terkejut bisa membuat catatan waktu 1 menit 29,7 detik. Saya sadar bahwa itu akan membuat saya berada pada start pertama karena itu tujuan utama kami."

"Namun, saya masih memaksakan dan tidak mungkin bagi saya sehingga terjatuh di Tikungan 5," kata Quarartararo.

Satu lagi tikungan 'neraka' yang diwaspadai para pebalap adalah Tikungan 12 atau terakhir. Karakter tikungan ini agak patah ke kanan dan tak jauh setelahnya adalah garis finis.

Neraka MotoGP Thailand: Marquez, Rossi, dan Quartararo Crash
Miguel Oliveira menjadi korban di Tikungan 12 pada saat FP1. Dia kehilangan keseimbangan saat belok kanan sehingga tergelincir ke gravel.

Salah satu staf Sirkuit Internasional Buriram yang enggan disebutkan namanya mengatakan, justru yang paling mengancam adalah Tikungan 12.

"Banyak pebalap MotoGP justru membicarakan Tikungan 12 karena memang mungkin dinilai sulit bagi mereka," katanya.

Di Tikungan tersebut juga menjadi drama kemenangan Marquez mengalahkan Dovizioso pada MotoGP Thailand 2018. Dovi sempat menyalip The Baby Alien pada tikungan terakhir di lap terakhir dari sisi dalam. Namun, ia terlalu melebar ke kiri usai berbelok kanan sehingga kembali disalip Marquez dari sisi dalam. (bac/jun)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Neraka MotoGP Thailand: Marquez, Rossi, dan Quartararo Crash"

Post a Comment

Powered by Blogger.