Search

NASA Pamer Baju Luar Angkasa Terbaru untuk Misi ke Bulan - iNews

CALIFORNIA, iNews.id - NASA memamerkan baju luar angkasa generasi terbaru. Baju tersebut rencananya dikenakan oleh kru misi Artemis ke bulan.

Manusia dapat beradaptasi di bumi. Namun di luar bumi, manusia cukup rapuh. Jadi untuk membantu menghadapi kondisi keras dari sisa tata surya, NASA baru saja meluncurkan pakaian luar angkasa baru dan lebih baik untuk dikenakan astronot ke bulan sebagai bagian dari misi Artemis.

Sekilas, tampilannya baju luar angkasa terbaru mirip dengan yang dikenakan oleh Apollo pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Tapi, ada banyak penambahan baru pada pakaian luar angkasa teranyar, yang disebut Exploration Extravehicular Mobility Units (xEMUs).

Pertama, xEMU jauh lebih mudah untuk bergerak. Baju luar angkasa tidak memiliki banyak gerakan kaki, itulah sebabnya ada begitu banyak video astronot yang jatuh karena gravitasi bulan yang jauh lebih rendah.

Baju luar angkasa terbaru juga dilengkapi bantalan sendi dan peningkatan bahu untuk gerakan tubuh bagian atas menjadi lebih baik. Selain itu, ada juga sarung tangan yang memungkinkan para astronot untuk menggerakkan jari mereka agar lebih mudah meraih.

Dalam demonstrasi baju luar angkasa dengan NASA Administrator Jim Bridenstine, Advanced Space Suit Engineer Kristine Davis membungkuk untuk mengambil batu. Meskipun terlihat kaku, gerakan semacam ini akan jauh lebih sulit dalam pakaian Apollo.

Baju luar angkasa juga dirancang untuk melindungi astronot dari kisaran suhu -156 hingga -121 derajat Celsius. Terlepas dari itu, baju luar angkasa tidak semuanya berubah.

Dikutip Science Alert, Rabu (16/10/2019), sejauh ini belum ditemukan cara untuk mengatasi penghilangan cairan tubuh saat berada di baju luar angkasa, sehingga para astronot Artemis masih akan mengenakan diapers. xEMU hanya akan digunakan untuk spacewalks dan sementara di bulan.

NASA tidak hanya memamerkan baju luar angkasa untuk misi Artemis saja. Selama presentasi juga dipamerkan baju luar angkasa berwarna oranye di sebelah kanan. Baju tersebut akan digunakan astronot untuk launch dan re-entry.

Editor : Tuty Ocktaviany

Let's block ads! (Why?)


https://www.inews.id/techno/sains/nasa-pamer-baju-luar-angkasa-terbaru-untuk-misi-ke-bulan

2019-10-16 07:12:00Z
CBMiWmh0dHBzOi8vd3d3LmluZXdzLmlkL3RlY2huby9zYWlucy9uYXNhLXBhbWVyLWJhanUtbHVhci1hbmdrYXNhLXRlcmJhcnUtdW50dWstbWlzaS1rZS1idWxhbtIBXmh0dHBzOi8vd3d3LmluZXdzLmlkL2FtcC90ZWNobm8vc2FpbnMvbmFzYS1wYW1lci1iYWp1LWx1YXItYW5na2FzYS10ZXJiYXJ1LXVudHVrLW1pc2kta2UtYnVsYW4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Pamer Baju Luar Angkasa Terbaru untuk Misi ke Bulan - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.