Search

Besok Gerhana Bulan Penumbra, Ini 5 Amalan yang Dianjurkan - detikNews

Jakarta - Besok Sabtu, 11 Januari 2020 akan terjadi gerhana bulan penumbra. Umat muslim dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan ini supaya mendapatkan pahala.

Gerhana bulan penumbra adalah gerhana yang seluruh bagian bulannya berada di bagian penumbra bumi. Pada saat gerhana bulan penumbra, bulan masih terlihat meskipun tidak terlalu terang. Gerhana bulan tahun 2020 bernama penumbra ini akan terjadi pada 11 Januari 2020.


Asa anjuran melaksanakan sholat sunah gerhana bulan. Rasulullah SAW diriwayatkan dalam hadits Shahih Muslim bersabda:

إنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ


Artinya, "Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka shalat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai."

Ada beberapa amalan yang dapat kamu kerjakan besok, ketika terjadi gerhana bulan penumbra:

1. Sholat Gerhana Bulan

Sholat gerhana bulan terdiri dari dua rakaat, setiap rakaat berdiri dua kali, ruku' dua kali dan sujud dua kali. Serta setiap rakaat membaca Al-Fatihah dan surat panjang dengan saura nyaring, dan tiap ruku' dan sujud membaca tasbih lama-lama.

Berdasarkan dalil yang artinya :"Pada shalat gerhana Nabi saw menyaringkan bacaannya. Dan dikerjakannya empat kali ruku' dalam dua raka'at serta empat kali sujud." (HR. al-Bukhari dan Muslim, lafadz Muslim dari Aisyah ra.)

2. Bersedekah

Bersedekahlah untuk mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT. Kamu bisa bersedekah kepada fakir miskin hingga yatim piatu.

Amalan sedekah saat gerhana bulan diriwayatkan dalam Hadist Riwayat (HR) Bukhari dari Aisyah Radiyallahu Anha. Berikut hadist lengkapnya,

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo'alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah."

3. Bertaubat

Setelah melakukan sholat gerhana bulan, kamu juga bisa memanjatkan doa, berserah diri untuk bertaubat.

Imam al-Ghazali dalam risalahnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu'ah Rasail al-Imam menyebutkan beberapa adab menyambut gerhana bulan. Antara lain: senantiasa memiliki rasa takut, menampakkan rasa haru, segera bertobat, tidak bersikap mudah bosan, segera melaksanakan sholat, berlama-lama dalam sholatnya dan merasakan adanya peringatan.

4. Mengerjakan Kebaikan

Meskipun melakukan kebaikan tidak harus menunggu gerhana bulan. Namun, dianjurkan untuk mengerjakan kebaikan saat gerhana bulan.

5. Doa, Istighfar dan Dzikir

Ada hadist yang mengatakan: "Pernah terjadi gerhana matahari dan bulan, maka bangkitlah Nabi SAW sholat, dan bersabda: Apabila kamu saksikan hal yang serupa itu, maka segeralah kamu kerjakan sholat dan panjatkan doa dan mohon pengampunan-Nya." (HR. al- Bukhari, Muslim, Ahmad dari Abu Musa).

Selain itu, perbanyak juga istighfar dan dzikir.

(lus/erd)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiYWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNDg1NDAxMS9iZXNvay1nZXJoYW5hLWJ1bGFuLXBlbnVtYnJhLWluaS01LWFtYWxhbi15YW5nLWRpYW5qdXJrYW7SAQA?oc=5

2020-01-10 06:37:57Z
52781983271121

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Besok Gerhana Bulan Penumbra, Ini 5 Amalan yang Dianjurkan - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.