Search

Studi Mengklaim 9 Tanaman Bisa Dibudidayakan di Mars - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Para peneliti menemukan bahwa sembilan sayuran berbeda dapat dibudidayakan di Mars. Jika manusia berhasil mendarat di Mars, petani akan memainkan peran penting dalam memberi makan mereka yang tinggal di sana.

Para ilmuwan di Wageningen University & Research mencoba menumbuhkan sepuluh tanaman berbeda di tanah Bulan dan Mars yang disimulasikan. Tanah disimulasikan regolith, lapisan bahan anorganik di bagian atas Mars dan Bulan yang menutupi batu.

“Kami sangat senang ketika melihat tomat pertama yang ditanam di tanah Mars menjadi merah. Ini berarti langkah selanjutnya menuju ekosistem pertanian tertutup yang berkelanjutan telah diambil," ujar Wieger Wamelink, salah satu peneliti studi tersebut, sebagaimana dikutip Modern Farmer, Selasa 16 Oktober 2019.

Studi tersebut menuliskan bahwa tomat, kacang polong, dan bawang perai hanyalah beberapa sayuran yang berpotensi tumbuh di planet merah. Para peneliti menemukan bahwa sembilan tanaman tumbuh dengan baik, tapi bayam tidak.

Mereka dapat memanen produk yang dapat dimakan dari tanaman yang tumbuh subur, termasuk quinoa, lobak dan tomat. Tanaman yang ditanam di tanah Bumi dan regolith Mars lebih baik daripada yang di Bulan.

Studi yang dipublikasikan di Open Agriculture itu juga menemukan bahwa biji dapat diproduksi untuk lobak, selada dan gandum hitam. Bulan lalu, dua ilmuwan planet menerbitkan sebuah makalah, meneliti apa yang diperlukan untuk memberi makan 1 juta penduduk Mars.

Mereka menemukan sistem pangan seperti itu akan membutuhkan satu abad untuk mandiri, sementara itu, orang harus mengangkut sejumlah besar hasil bumi. Para ilmuwan itu mengatakan pertanian akan menjadi bagian besar dari memberi makan populasi Mars.

Para peneliti menemukan bahwa hidroponik dan aeroponik dapat digunakan untuk menumbuhkan produk di Mars atau Bulan. Tapi menanam sayuran di regolith berarti hanya benih yang perlu diangkut dari Bumi, di samping peralatan umum yang diperlukan untuk bertani.

MODERN FARMER | OPEN AGRICULTURE

Let's block ads! (Why?)


https://tekno.tempo.co/read/1260990/studi-mengklaim-9-tanaman-bisa-dibudidayakan-di-mars

2019-10-17 09:39:00Z
CBMiWGh0dHBzOi8vdGVrbm8udGVtcG8uY28vcmVhZC8xMjYwOTkwL3N0dWRpLW1lbmdrbGFpbS05LXRhbmFtYW4tYmlzYS1kaWJ1ZGlkYXlha2FuLWRpLW1hcnPSAVdodHRwczovL3Rla25vLnRlbXBvLmNvL2FtcC8xMjYwOTkwL3N0dWRpLW1lbmdrbGFpbS05LXRhbmFtYW4tYmlzYS1kaWJ1ZGlkYXlha2FuLWRpLW1hcnM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi Mengklaim 9 Tanaman Bisa Dibudidayakan di Mars - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.