Search

Muka Lama Dominasi Bakal Calon Ketua PSSI

Muka Lama Dominasi Bakal Calon Ketua PSSI

Jakarta, CNN Indonesia -- Komite Pemilihan (KP) PSSI telah menetapkan 11 nama yang lolos tahapan awal calon ketua umum PSSI periode 2019-2023.

Kesepuluh nama tersebut adalah Arif Putra Wicaksono, Alven Hinelo, Benhard Limbong, Fary Djemy Francis, La Nyalla Mattalitti, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman El Hakim, Vijaya Triyasa, dan Yesayas Oktavianus.

Dari daftar nama yang lolos, beberapa di antara sudah cukup lama akrab dengan sepak bola Indonesia. Praktis hanya ada segelintir nama baru yang masuk dalam persaingan.

Nama La Nyalla Mattalitti, Rahim Soekasah, Benhard Limbong, Sarman El Hakim, Djemy Francis, dan Yesayas Oktavianus cukup akrab di telinga publik. Sebagian besar pernah masuk dalam organisasi tertinggi sepak bola di tanah air, PSSI.

Rahim termasuk salah satu balon ketum yang sudah lama berkecimpung di sepak bola tanah air. Ia pernah menjabat sebagai manajer Pelita Jaya.

PSSI akan kembali menggelar Kongres untuk memilih ketua umum baru pada November mendatang. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Selain itu, pria yang berpasangan dengan Cucu Sumantri pernah menduduki jabatan Manajer Timnas Indonesia U-23 tahun 2006 dan Ketua BTN (2009).

Rekam jejak yang sama juga dimiliki oleh La Nyalla. Politikus asal Jawa Timur yang baru saja terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, pernah jadi Ketua PSSI.

La Nyalla menempati posisi tersebut selama satu tahun dari 2015-2016. Sebelumnya, pria berusia 60 itu pernah menempati posisi anggota komite eksekutif PSSI era Djohar Arifin Husin.

La Nyalla pun pernah terpilih sebagai ketua Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) untuk menandingi PSSI pimpinan Djohar.
[Gambas:Video CNN]
Benhard Limbong, Yesayas, Benny Erwin, dan Sarman, juga cukup aktif di sepak bola nasional. Sedangkan Djemy masuk dalam kepengurusan PSSI periode 2016-2020 yang sempat dipimpin oleh Edy Rahmayadi.

Politikus Gerindra itu menempati posisi sebagai Ketua Departemen Sport Intelligence.

Sedangkan empat namalainnyaMochamadIriawan,ArifWicaksono, AvenHinelo,danVijayaTriyasa, tergolong baru. Sosok Arif bisa dikatakan sebagai sosok yang cukup populer dibandingkan tiga kandidat lainnya.

Arif merupakan pebisnis olahraga yang pernah mendatangkan klub-klub top Eropa ke Indonesia, salah satunya Juventus tahun 2013. Arif juga pernah memberangkatkan pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas, untuk menjalani trial di klub Spanyol, UE Llagostera tahun 2015.

Jelang pemilihan ini, Arif menggandeng CEO Bandung Premier League, Doni Setiabudi, yang telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil ketua umum.

Mochamad Irawan atau yang biasa dikenal dengan sebutan Iwan Bule juga termasuk muka baru yang mencuat jelang Kongres Biasa PSSI untuk memilih ketua baru pada 2 November mendatang.

Eks Kapolda Metro Jaya itu mengungkapkan bakal berupaya membawa Timnas Indonesia juara di level ASEAN kemudian Asia jika terpilih sebagaiketumPSSI yang baru.

(jal/nva)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Muka Lama Dominasi Bakal Calon Ketua PSSI"

Post a Comment

Powered by Blogger.