Search

Anies Ingin Gedung Swasta Punya Parkiran Khusus Sepeda

Anies Ingin Gedung Swasta Punya Parkiran Khusus Sepeda

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengatakan para pemilik gedung swasta di Jakarta diharapkan menyediakan fasilitas khusus untuk sepeda. Hal ini diungkapkan Anies usai Upacara Hari Perhubungan Nasional yang dilaksanakan di Monas, Jakarta, Selasa (17/9).

"Gedung-gedung milik swasta, diharapkan membangun tempat parkir sepeda lebih banyak. Dengan begitu memudahkan warga menggunakan sepeda," kata Anies.

Keinginan ini berkaitan dengan rencana Anies yang hendak mendorong masyarakat menggunakan sepeda tak hanya untuk berolahraga saja, melainkan juga sebagai alat transportasi. Diharapkan masyarakat bisa menggunakan sepeda khususnya untuk transportasi jarak dekat.

"Sepeda bukan saja dipandang sebagai alat olahraga, tetapi juga alat transportasi yang punya implikasi berolahraga. Tetap sebagai alat transportasi (jarak) yang dekat," jelas dia.

Untuk itu Pemprov DKI juga akan menyediakan fasilitas jalan untuk pengguna sepeda. Namun Anies belum menjelaskan detail titik-titik mana saja jalan khusus sepeda tersebut.

"Tidak lama lagi kita akan meluncurkan jalur-jalur sepeda yang kita harapkan nanti di Jakarta lebih banyak lagi menggunakan sepeda," ujar Anies.

Di samping penggunaan sepeda, Anies juga menyinggung soal penggunaan trotoar untuk pejalan kaki. Menurutnya revitalisasi trotoar yang tengah digalakkan Pemprov DKI ini bisa membuat warga jadi lebih sering berjalan kaki ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. 

Dengan begitu Anies optimis warga secara perlahan akan meninggalkan kendaraan pribadi sebagai transportasi utama dan selanjutnya mendorong warga menggunakan transportasi massal yang sudah disiapkan oleh Pemprov DKI.

"Penggunaan trotoar juga kita dorong supaya warga lebih banyak lagi berjalan kaki. Itu pesan khusus terkait dengan Jakarta. Bagaimanapun juga bicara perhubungan di Jakarta yang kita dorong adalah kendaraan umum massal," tutup dia.

[Gambas:Video CNN] (ctr/osc)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies Ingin Gedung Swasta Punya Parkiran Khusus Sepeda"

Post a Comment

Powered by Blogger.