Search

Ilmuwan Temukan Gunung Api Bawah Laut Terbesar dalam Sejarah - Liputan6.com

Gunung berapi bawah laut yang ditemukan ini berukuran sangat besar, menjulang hampir setengah mil (0,8 kilometer) dari dasar laut. Bentang vulkanik itu terletak di lepas pantai timur Mayotte, yang terjadi dalam enam bulan.

Untuk menemukan sebuah gunung berapi yang baru lahir, membutuhkan upaya yang sangat besar.

Bagian dari proses penelitian itu termasuk menempatkan enam seismometer di dasar laut, dekat dengan aktivitas seismik, lapor majalah Science. Dari hasil laporan instrumen tersebut, terungkap adanya gempa bumi jauh di kerak bumi yang kemungkinan berasal dari ruang magma dalam, yang menyemburkan batuan yang masih berbentuk cair.

Ruang magma ini mungkin juga menyusut, karena Mayotte telah tenggelam sekitar 5 inci (13 cm) dan bergerak 2,5 inci (10 cm) ke timur selama setahun terakhir, lanjut laporan di majalah Science tersebut.

Selain itu, sonar mengungkapkan 1,2 mil kubik (5 km kubik) magma di dasar laut, serta gumpalan air yang kaya gelembung mengalir dari gunung berapi. Sampel batuan yang dikumpulkan dari situs dapat mengungkapkan kedalaman sumber magma, serta risiko letusan gunung berapi.

Ketika berita tentang gempa seismik dan gempa bumi kecil menyebar, sekelompok peneliti Prancis memposting draft studi penelitian, menyatakan bahwa gemuruh mungkin ada hubungannya dengan magma. Tetapi para peneliti masih harus menerbitkan studi peer-review terlebih dahulu terkait peristiwa tersebut. Maish belum diketahui persis bagaimana dengungan aneh, gempa bumi dan gunung berapi tersebut saling berkaitan.

Let's block ads! (Why?)


https://www.liputan6.com/global/read/3979234/ilmuwan-temukan-gunung-api-bawah-laut-terbesar-dalam-sejarah

2019-05-29 11:00:44Z
CBMiaWh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9nbG9iYWwvcmVhZC8zOTc5MjM0L2lsbXV3YW4tdGVtdWthbi1ndW51bmctYXBpLWJhd2FoLWxhdXQtdGVyYmVzYXItZGFsYW0tc2VqYXJhaNIBX2h0dHBzOi8vbS5saXB1dGFuNi5jb20vYW1wLzM5NzkyMzQvaWxtdXdhbi10ZW11a2FuLWd1bnVuZy1hcGktYmF3YWgtbGF1dC10ZXJiZXNhci1kYWxhbS1zZWphcmFo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ilmuwan Temukan Gunung Api Bawah Laut Terbesar dalam Sejarah - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.