Search

Alasan Mengapa Bulan Semakin Jauh dari Bumi - Olahraga Akurat

AKURAT.CO Awal 50 tahun sejak manusia pertama kali berjalan di bulan, umat manusia sekali lagi mendorong maju dengan upaya untuk mendarat di satelit Bumi.

Tahun ini saja, Cina telah mendaratkan pesawat ruang angkasa robotik di sisi jauh bulan, sementara India hampir mendaratkan kendaraan bulan, dan Israel melanjutkan misinya untuk mendarat di permukaan, meskipun ada tabrakan baru-baru ini.

Sementara itu NASA telah mengumumkan ingin mengirim astronot ke kutub selatan Bulan pada tahun 2024.

baca juga:

Tetapi, sementara misi ini berusaha untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang bulan, kita masih bekerja untuk menjawab pertanyaan mendasar tentang hal itu: bagaimana itu berakhir di tempat tersebut?

Pada 21 Juli 1969, kru Apollo 11 memasang set cermin pertama untuk memantulkan laser yang ditargetkan ke Bulan dari Bumi. Eksperimen selanjutnya yang dilakukan dengan menggunakan susunan ini telah membantu para ilmuwan untuk mencari tahu jarak antara Bumi dan Bulan selama 50 tahun terakhir.

Kita sekarang tahu bahwa orbit bulan telah bertambah lebih besar sebesar 3,8 cm per tahun bergerak menjauh dari Bumi.

Jarak ini, dan penggunaan batuan Bulan untuk menentukan tanggal pembentukan Bulan hingga 4,51 miliar tahun yang lalu, adalah dasar untuk hipotesis dampak raksasa (teori bahwa bulan terbentuk dari puing-puing setelah tabrakan di awal sejarah Bumi). 

Tetapi jika kita berasumsi bahwa resesi bulan selalu 3,8 cm / tahun, kita harus kembali 13 miliar tahun untuk menemukan waktu ketika Bumi dan Bulan berdekatan (untuk bulan terbentuk). Ini sudah terlalu lama tetapi ketidakcocokan ini tidak mengejutkan, dan mungkin dijelaskan oleh benua dan pasang surut kuno dunia.

Pasang Surut dan Resesi

Jarak ke Bulan dapat dikaitkan dengan sejarah konfigurasi benua Bumi. Hilangnya energi pasang surut (karena gesekan antara laut yang bergerak dan dasar laut) memperlambat putaran planet, yang memaksa Bulan untuk menjauh darinya — Bulan surut.

Pasang surut sebagian besar dikendalikan oleh bentuk dan ukuran cekungan lautan Bumi. Ketika lempeng tektonik Bumi bergerak, geometri samudera berubah, dan demikian pula pasang. Ini mempengaruhi retret bulan, sehingga tampak lebih kecil di langit.

Ini berarti bahwa jika kita tahu bagaimana lempeng tektonik Bumi berubah posisi, kita dapat mengetahui di mana Bulan berada dalam kaitannya dengan planet kita pada titik waktu tertentu.

Kita tahu bahwa kekuatan gelombang (dan juga tingkat resesi) juga tergantung pada jarak antara Bumi dan Bulan. Jadi kita dapat berasumsi bahwa pasang surut lebih kuat ketika bulan masih muda dan lebih dekat ke planet ini. Saat bulan dengan cepat surut di awal sejarahnya, gelombang pasang akan menjadi lebih lemah dan resesi melambat.

Matematika terperinci yang menggambarkan evolusi ini pertama kali dikembangkan oleh George Darwin, putra Charles Darwin yang agung, pada tahun 1880. 

Tetapi rumusnya menghasilkan masalah yang berlawanan ketika kita memasukkan tokoh-tokoh modern kita. Ini meramalkan bahwa Bumi dan Bulan berdekatan satu sama lain hanya 1,5 miliar tahun yang lalu.

Formula Darwin hanya dapat direkonsiliasi dengan perkiraan modern tentang usia dan jarak bulan jika tingkat resesi terakhirnya dikurangi menjadi sekitar satu sentimeter per tahun.

Implikasinya adalah bahwa pasang surut hari ini harus besar secara tidak normal, menyebabkan tingkat resesi 3,8 cm. Alasan untuk pasang besar ini adalah bahwa Lautan Atlantik Utara saat ini hanya memiliki lebar dan kedalaman yang tepat untuk selaras dengan pasang surut, sehingga periode osilasi alami dekat dengan pasang surut, yang memungkinkan mereka untuk menjadi sangat besar. Ini seperti anak kecil di ayunan yang bergerak lebih tinggi jika didorong dengan waktu yang tepat.

Tetapi kembalil ke masa lalu beberapa juta tahun sudah cukup, dan bentuk Atlantik Utara cukup berbeda sehingga resonansi ini menghilang, sehingga laju resesi bulan akan lebih lambat. Saat lempeng tektonik menggerakkan benua, dan ketika perlambatan rotasi Bumi mengubah panjang hari dan periode pasang surut, planet ini akan tergelincir masuk dan keluar dari kondisi pasang kuat serupa. Tapi kami tidak tahu detail pasang surut dalam periode waktu yang lama dan, akibatnya, kami tidak bisa mengatakan di mana bulan berada di masa lalu yang jauh.

Solusi Sedimen

Salah satu pendekatan yang menjanjikan untuk menyelesaikan ini adalah mencoba untuk mendeteksi siklus Milankovitch dari perubahan fisik dan kimia dalam sedimen kuno. Siklus ini terjadi karena variasi dalam bentuk dan orientasi orbit Bumi, dan variasi dalam orientasi sumbu Bumi. Ini menghasilkan siklus iklim, seperti zaman es beberapa juta tahun terakhir.

Sebagian besar siklus Milankovitch tidak mengubah periode mereka selama sejarah Bumi tetapi beberapa dipengaruhi oleh tingkat putaran Bumi dan jarak ke bulan. Jika kita dapat mendeteksi dan menghitung periode tertentu, kita dapat menggunakannya untuk memperkirakan panjang hari dan jarak Bumi-bulan pada saat sedimen diendapkan. Sejauh ini, ini hanya dicoba untuk satu titik di masa lalu yang jauh. Sedimen dari Cina menunjukkan bahwa 1,4 miliar tahun yang lalu jarak Bumi-bulan adalah 341.000 km (jarak saat ini adalah 384.000 km).

Sekarang kami bermaksud mengulangi perhitungan ini untuk sedimen di ratusan lokasi yang ditetapkan pada periode waktu yang berbeda. Ini akan memberikan catatan resesi Bulan yang kuat dan hampir terus menerus selama beberapa miliar tahun terakhir, dan memberi kita apresiasi yang lebih baik tentang bagaimana pasang surut berubah di masa lalu.

Bersama-sama, studi yang saling terkait ini akan menghasilkan gambaran yang konsisten tentang bagaimana sistem Bumi-bulan telah berevolusi melalui waktu.

Let's block ads! (Why?)


http://akurat.co/iptek/id-605515-read-alasan-mengapa-bulan-semakin-jauh-dari-bumi

2019-04-28 09:00:00Z
CBMiUWh0dHA6Ly9ha3VyYXQuY28vaXB0ZWsvaWQtNjA1NTE1LXJlYWQtYWxhc2FuLW1lbmdhcGEtYnVsYW4tc2VtYWtpbi1qYXVoLWRhcmktYnVtadIBAA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Mengapa Bulan Semakin Jauh dari Bumi - Olahraga Akurat"

Post a Comment

Powered by Blogger.